Tips memilih webcam yang Sesuai Untuk PC Kalian

Untuk kalian yang tengah disibukkan dengan kegiatan daring di rumah serta beberapa aktivitas daring lainnya tentu memerlukan perangkat yang mampu menghasilkan visual dan audio yang jernih. Webcam merupakan perlengkapan wajib yang dimiliki selama kegiatan daring banyak dilakukan di rumah. Karena turut memberikan hasil audio dan visual yang jernih serta kemampuan lainnya yang melebihi kemampuan kamera pada PC.

Banyaknya webcam yang ditawarkan di pasar tentu sedikit banyak membuat bingung untuk pilih satu yang cocok dengan kebutuhan. Jangan khawatir, simak tips di bawah untuk bawa pulang webcam yang sesuai dengan PC kalian.

1. Resolusi

Hal utama yang diperhatikan saat memilih webcam adalah resolusi yang dimiliki. Mengapa menjadi penting ? Hal ini dikarenakan Webcam merupakan perangkat peripheral yang berkaitan dengan kekuatan lensa yang dimiliki. Semakin tinggi megapiksel yang diusung oleh webcam tersebut maka semakin jernih dan bagus visual yang ditampilkan. Namun tidak seperti pada kamera, umumnya webcam akan mengusung resolusi yang lebih rendah namun tetap memberikan hasil yang jernih.

2. Kecepatan Pengambilan Frame

Hal yang mempengaruhi resolusi adalah kecepatan pengambilan frame per detik yang bisa ditangkap oleh webcam dan diproses oleh PC anda. Yang jelas, semakin tinggi kecepatan pengambilan gambar maka semakin baik hasil rekaman yang ditangkap oleh webcam. Rata-rata webcam memiliki kecepatan antara 10-30 fps. Namun, disarankan pilihlah webcam yang memiliki minimum kecepatan resolusi 15 fps. Hal ini dikarenakan dapat membantu anda mendapatkan hasil rekaman yang cukup baik dan jelas.

3. Lensa dan Sensor

Salah satu perkembangan yang bisa kita rasakan adalah webcam yang dapat mengatur fokus dan lensa sesuai dengan kebutuhan. Tentu bagi sebagian webcam dengan harga dibawah rata-rata tidak akan memiliki kemampuan untuk mengatur lensa dan fokus. Hal ini dikarenakan pada webcam tersebut dibekali lensa yang fixed.

Sensor merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat hendak memilih webcam. Hal tersebut tak lain karena sensor juga memegang peranan penting dalam fungsionalitas kamera. Sensor memiliki tugas untuk bisa mengubah cahaya menjadi gambar digital. Pada webcam, terdapat 2 sensor yaitu CMOS dan CCD. CMOS merupakan sensor yang digunakan oleh kebanyakan webcam yang memiliki harga yang cukup terjangkau, sangat sedikit webcam mahal yang masih menggunakan teknologi ini Berbeda dengan CCD, sensor ini telah digunakan dibanyak model webcam yang tergolong mahal. Namun, kami tidak melihat perbedaan yang cukup superior antara sensor CCD dan CMOS.
Tapi, kalian mungkin bisa menggunakan sensor CCD yang memiliki sensitifitas cahaya yang cukup tinggi dan dynamic range yang cukup lebar. Dengan begitu video yang dihasilkan akan lebih baik.

4. Harga

Tidak semua webcam dengan harga yang mahal menjanjikan semua yang kalian butuhkan. 3 tips diatas yang telah disebutkan dapat menjadi acuan utama sebelum kalian membawa pulang webcam yang sedang diincar. Dengan harga terjangkau pun kalian juga sudah bisa mendapatkan hasil visual yang baik dan menunjang aktivitas daring.

Main Menu