e-KTP DIGITAL

IDENTITAS NEMPEL DI PONSEL

            Kebutuhan gaya hidup khususnya bagi anak muda zaman sekarang emang gak pernah ada habisnya. Mulai dari tren OOTD, nongkrong di kafe kekinian, sampe urusan gadget. Bagi sebagian kalangan, perkembangannya wajib diikuti atau bakal dibilang kudet atau katro. Penggunaan hashtag ‘outfit of the day’ atau ‘mirror selfie’ juga masih sering kita lihat di berbagai platform media sosial. Beberapa diantaranya mereka berfoto di depan cermin dengan memperlihatkan gadget yang ditenteng apalagi ada logo gambar apel krowak itu. Rasanya pede aja kalau logo Apple terpampang nyata di setiap foto mereka.

Gak salah kok, setiap orang berhak untuk bergaya dengan budget masing-masing. Masalahnya kadang gak diimbangi dengan kemampuan untuk memiliki produk tersebut, hingga mencari jalur alternatif dengan membelinya secara kredit/ ngutang atau bahkan jual ginjal (ini becanda sih). Tapi yang paling masuk akal adalah membeli bekas atau seken, atau yang lebih populer ama sebutan preloved. Masalahnya gak jarang juga kita temui kasus beli iPhone bekas yang kondisinya parah banget dan bikin rugi Bandar. TBL TBL TBL…. Takut Banget Loch.

Gak usah takut, kalau kamu ikuti tips beli iPhone bekas yang kita saranin ini.

1.Cek Harga Pasaran

Sebelum cek harga pasaran, yang paling pertama wajib kamu lakukan adalah menentukan tipe iPhone apa yang pengen kamu beli. Abis gitu kamu boleh cek harga di pasaran, semakin banyak informasi harga yang kamu miliki, maka semakin gampang pula kamu bikin keputusan buat beli di lapak mana. Jangan lupa juga saat cek harga, tanyain plus dan minus dari iPhone yang bakal kamu beli.

2.Pengecekan Standar

3.Kelengkapan

Tanyakan kelengkapannya. Apakah harga yang ditawarkan adalah harga full set, atau batangan? Buat iPhone keluaran 2021 hingga sekarang, kelengkapannya adalah kardus, buku panduan, dan lightning cable. Sementara keluaran sebelum 2021, kelengkapannya adalah kardus, buku panduan, wall chargerlightning cable, dan earphone.

Jika lengkap semuanya, tugas kamu berikutnya adalah mengecek keasliannya. Mengapa demikian? Tau sendiri lah, asesoris palsu kadang gak bisa dipakai di perangkat iPhone, atau malah akan merusak komponen di dalamnya.

4. Layar & Baterai

Ini penting banget, guys. Layar yang responsif akan membuat penggunaan iPhone sangat nyaman. Itu sebabnya kamu harus bener-bener cek layar dan fungsinya apakah ada dead pixel, ghost touch, sampai retak? Trus kesehatan baterainya juga wajib kamu tes apakah di atas 80% atau di bawahnya?

Tapi yang perlu diwaspadai kalau iPhone udah berumur di atas 2 tahun dan kesehatan baterainya masih 100%, itu artinya abis ganti baterai. Tanyain apakah baterainya ori atau KW?

5. Fungsi Kamera

Yang terakhir, cek juga kameranya. Mulai dari fungsi foto, video, panorama, time lapse, dan lain-lain. Kalau gak beres, mending jangan dibeli. Percuma punya iPhone tapi kameranya buriks, kan?


Kalau semua tahapan di atas udah kamu lewatin, kuy diangkut. Tapi jangan lupa kamu minta garansi personal dari mas atau mbak konternya ya. Buat jaga-jaga kalau ada permasalahan nantinya kamu masih bisa mengontak mereka. Ya minimal jaga komunikasi, siapa tahu bisa jalan bareng di kemudian hari, eh….!!!

Selamat memakai iPhone.