SANDWICH GENERATION dan hal-hal yang perlu kamu ketahui

 

Diantara kalian pasti tidak asing dengan istilah Sandwich Generation. Atau barangkali istilah ini menjadi awam bagi kalian yang baru mengetahuinya. Artikel ini akan mengajak kamu memahami istilah Sandwich Generation. Setelah memahami, kamua dapat mengidentifikasikan dirimu termasuk dalam generasi tersebut atau tidak.

            Menurut Ward & Spitze, Sandwich generation atau generasi sandwich adalah generasi setengah baya yang memiliki orangtua lanjut usia dan anak-anak tanggungan. Istilah ini menggambarkan orang-orang yang berada dalam posisi terjepit di antara tuntutan stimultan merawat orangtua yang sudah lanjut usia dan mendukung anak-anak mereka yang masih bergantung.

            Istilah yang dipopulerkan oleh Dorothy A. Miller di tahun 1981,  menganalogikan generasi ini seperti sandwich yang mana terhimpit di antara 2 tanggung jawab keuangan sekaligus. Indonesia yang menganut kultur kental Asia, menjadikan istilah generasi sandwich sangat popular selama kurun waktu 5 tahun ini. Tak heran, bagi beberapa orang yang termasuk dalam generasi sandwich ini lebih rentan stress karena multi peran dan tekanan. Diantaranya adalah masalah keuangan, kesehatan, pendidikan dan kebutuhan rumah tangga.

            Generasi sandwich merupakan hal yang lumrah terjadi di Indonesia, mengingat kultur kental Asia yang dianut dan berbagai faktor yang melatar belakangi. Diantaranya nilai kekeluargaan, edukasi finansial hingga tuntutan sosial. Jika setelah membaca artikel ini dan kalian sudah menganggap bahwa kalian termasuk kedalam generasi sandwich, ada langkah-langkah bijak yang bisa kalian lakukan untuk bisa menyeimbangkan semuanya.

            Mengatur keuangan adalah langkah awal yang harus kamu lakukan. Mengkalkulasikan pengeluaran dan pemasukan agar tetap stabil. Tentukan skala prioritas untuk lebih bijak dalam mengolah keungan. Selanjutnya, kamu bisa membicarakan hal ini dengan anggota keluargamu yang lain jika kamu bukan anak tunggal. Komunikasi dan pembagian peran dan tugas juga mampu membantu satu dengan yang lainnya.

Referensi :

Cosmopolitan.co.id  Diakses pada Mei 2021. Semua yang Perlu Kamu Tahu Soal Generasi Sandwich.

Kompas.com Diakses pada Mei 2021. Anda Jadi Generasi Sandwich Begini Memutus Mata Rantainya.

Ward, R. A., & Spitze, G. (1998). Sandwiched marriages: The implications of child and parent relations for marital quality in midlife. Social Forces, 77(2), 647-666.