Penjualan Ponsel 5G Meroket

Sobat Inbox, walaupun jaringan 5G masih belum bener-bener meluas ke seluruh daerah, tapi ternyata ada fakta yang bikin geleng-geleng lho. Informasi yang beredar, penjualan smartphone 5G saat ini jumlahnya udah melampaui penjualan smartphone  4G atau LTE berdasarkan laporan terbaru dari Counterpoint Research. Kalau dilihat dari grafik penjualan pada Januari 2022, menunjukkan titik pertemuan antara penjualan smartphone 5G dan 4G, yang sementara dipimpin oleh Apple dan diikuti Samsung gak jauh di belakangnya.

 

Di awal tahun 2022 ini ada sebuah data yang menunjukkan kalau sebagian besar pengguna smartphone siap untuk mengadopsi 5G, apakah kamu juga? Ini prestasi pertama, sejak pengenalan 5G, dimana penjualan smartphone berkonektivitas generasi kelima itu bisa melampaui penjualan ponsel 4G. Kalau dari prediksi, 51% dari smartphone yang dijual di seluruh dunia saat ini udah memiliki modem 5G di dalamnya.

 

Sementara itu, pergeseran yang menggila ini juga terjadi di beberapa Negara besar seperti Cina, Amerika Utara, dan Eropa Barat. Cinta saat ini menjadi Negara yang memimpin adopsi 5G dengan penetrasi pasar sebesar 84%. Diperkirakan ada sekitar 1,4 juta BTS di sana yang memancarkan gelombang frekuensi 5G buat pengguna smartphone di negara tirai bambu itu.

 

Kita geser ke Negara-negara di Eropa Barat, BTS 5G juga secara masif disebar dengan tingkat kenaikan setinggi 76%. Meskipun gitu, data berbalik di Amerika Utara yang agak tertinggal karena peningkatannya cuma 73%. Tapi ini adalah angka yang bagus, karena dari data itu kelihatan adanya perkembangan pesat di dalamnya.

ponsel 5G

Kamu penggunga iPhone? Nah, produk dari Apple ini ternyata udah mengisi data 50% dari smartphone 5G yang dijual. Ini adalah penjualan dari tipe iPhone 12 sampai yang terbaru aja ya. Tapi jangan khawatir bagi kamu pengguna Android, karena perangkat berbasis OS Android juga gak kalah populer, lho. Karena kalau dilihat dari laporan Counterpoint Research menunjukkan smartphone Android kelas menengah dengan modem 5G juga terjual cukup baik di pasaran.

 

Data lain dari kawasan Amerika Latin dan Asia, smartphone Android level menengah dengan kisaran harga 3 hingga 5 juta rupiah yang dibekali dengan jaringan 5G udah menyumbang sekitar 20% dari penjualan 5G. Kalau dilihat dari adopsi gawai 5G yang cepat, beberapa pakar teknologi memperkirakan jumlah langganan 5G ini bisa mencapai 4,4 miliar pengguna dalam lima tahun ke depan.

 

Kalau di Indonesia sendiri, jaringan 5G sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan. Karena hanya beberapa kota besar saja yang sudah difasilitasi jaringan ini. Itupun hanya beberapa kawasan tertentu. Bahkan kalau lihat cuitan netizen, rata-rata mereka masih pesimistis jaringan 5G bisa segera dinikmati. Mengingat sampai sekarang, sinyal 4G atau LTE aja masih gak stabil. Gimana pendapatmu, Sobat Inbox?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related article