4 Bahan Alami Ampuh Redakan
Sakit Tenggorokan

sakit tenggorokan

Bahan alami redakan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan jadi salah satu gejala paling umum Covid-19 varian Omicron. Apalagi akhir-akhir ini kasusnya yang lagi naik, butuh kewaspadaan ekstra dari kita nih, guys. Walaupun gak semua sakit tenggorokan adalah gejala Omicron, gak ada salahnya juga kita melakukan tindakan preventif apalagi kalau tenggorokan kamu udah berasa nyeri, gak nyaman, kering, dan bahkan gatal.

Buka-buka lagi resep leluhur yang ampuh buat meredakan sakit tenggorokan adalah cara paling gampang. Cara ini kebanyakan memakai bahan-bahan alami yang gampang didapetin di dapur kamu. Bukan katanya lagi, tapi udah terbukti dari zaman dulu kalau bahan alami ini bisa dengan ampuh melegakan tenggorokan dan mempercepat penyembuhan.

Cek nih daftarnya:

1. Air Garam

Rasanya emang gak enak banget sih kalau yang ini. Tapi kalau lihat jurnalnya Penn Medicine, ternyata air garam adalah bahan alami yang bisa bunuh bakteri. Masih inget gimana kamu pernah dipaksa kumur air garam waktu sakit gigi? Nah ternyata air garam juga bisa meredakan lendir dan mengurangi rasa nyeri.

Caranya gampang banget. Cukup dengan mencampurkan setengah sendok the garam ke dalam segelas air hangat dan pakai buat kumur. Lakukan ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Dijamin langsung legaaaaaa.

2. Bawang Putih

Selain berfungsi sebagai bumbu masakan yang aromanya menggugah selera, ternyata bawang putih ini multi fungsi. Info dari Healthline, bumbu dapur ini ternyata mengandung zat antibakteri dan antivirus yang ampuh melawan infeksi.

Kamu cukup masukin bawang putih ke menu makananmu buat meredakan sakit tenggorokan. Pokoknya jangan kebanyakan, yang ada ntar malah asam lambungmu naik lagi. Stress lagi kan?

3. Madu

Bahan ini juga bener-bener berguna banget buat sehari-hari. Ok kita cek satu per satu, madu bisa kamu pakai buat masker buat menghidrasi wajah dan bibir, buat campuran minuman di malam dan pagi hari, dan lain-lain.

Cara ngedapetinnya juga gampang banget mulai dari minimarket atau apotek hingga langsung ke produsen yang ada di sekitar rumahmu.

Tapi pilih madu yang bener-bener murni dan alami ya? Karena madu alami akan punya sifat antivirus dan antibakteri yang bisa bantu kamu meredakan peradangan tenggorokan. Campurin aja 2 sendok atau sesuai selera kamu ke dalam air hangat, lalu kamu minum pelan-pelan. Lakukan di pagi dan malam hari sebelum tidur. Kalau kamu lagi sakit tenggorokan parah, porsinya boleh ditambah.

4. Lemon

Kalau bahan yang ini, paduannya yang paling cocok adalah madu. Tapi ini sesuai selera ya, guys. Kamu bisa konsumsi langsung, dibikin jus, atau dicampur ke dalam makanan atau minuman favoritmu. Misalkan kamu susah dapetin lemon, kamu juga bisa pakai jeruk nipis yang gampang banget kamu temukan di tukang sayur keliling.Lemon atau jeruk nipis ini diklaim bisa bantu memecah lendir tenggorokan. Kandungan vitamin-C yang sangat tinggi, dapat membantu melawan infeksi dan peradangan tenggorokanmu. Campurin aja perasan lemon ke dalam segelas air hangat, bisa kamu campur dengan madu atau minuman favoritmu, dan konsumsi 2 kali sehari.

Selain mencoba 4 bahan alami di atas, yang wajib kamu lakukan adalah hindari bertemu dengan banyak orang, banyak istirahat, dan selalu jaga prokes ya, guys. Karena perlu diketahui juga sakit tenggorokan juga bisa menjadi tanda dari sejumlah penyakit. Kalau 3 hari belum reda dan tambah parah, jangan lupa segera konsultasi dengan dokter.

Stay Safe & Healthy.

related article Bahan Alami Redakan Sakit Tenggorokan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related article